HUT RI 
Ke 67

Senin, 14 Mei 2012

Keutaman Sedekah

Islam sangat menganjurkan umatnya bersedekah, baik sedekah harta, ilmu, tenaga, mengucapkan kalimah thayibah (tasbih, tahmid, tahlil, takbir), maupun “sekadar” memberikan senyum dan wajah cerita kepada sesama Muslim. Allah SWT dan Rasul-Nya pun memberikan motivasi luar biasa agar kaum Muslim gemar bersedekah.
Setidaknya ada lima keutamaan sedekah.
Pertama, menghapuskan dosa-dosa kecil –menghapus dosa besar harus dengan tobat. “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmidzi).
Kedua, keberkahan pada harta yang kita miliki.  “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim).
Ketiga, Allah Swt melipatgandakan pahala orang bersedekah. “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid:18).
Keempat, terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah. Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga.
“Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.”  (HR Bukhari).
Kelima, sedekah dapat membebaskan siksa kubur. “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR Thabrani). Wallahu a’lam. (Sumber: Al-Inaafah Fimaa Ja’a Fis Shadaqah Wad Dhiyaafah/RoL).*
artikel dari http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CFwQFjAA&url=http%3A%2F%2Fsyariah.biz%2Fkeajaiban-sedekah.php&ei=7r-xT6L1F42TiAee3tzoCA&usg=AFQjCNFeagqXwZO1LZBuROQ9yXL_DBCYlQ&sig2=RAf21tY7o_8B0thxpp_xMQ

0 komentar:

Posting Komentar

 
78040-gYGg5etyVEfFj4yX31qdkYtPpmK5ehy5